Liburan Berbahaya Orang Super Kaya



Liburan Berbahaya Orang Super Kaya

Keluarga Dawood membayar 500.000 dollar AS untuk perjalanan wisata melihat bangkai Titanic di dasar Samudera Atlantik. Harding membayar 250.000 dollar AS.


OCEANGATE EXPEDITIONS / AFP

Foto yang direkam di lokasi dan waktu yang tidak diungkap ini menunjukkan Titan, kapal selam milik OceanGate. Sejak Minggu (18/6/2023), kapal itu hilang kontak kala menuju lokasi kapal Titanic karam.


Kapal selam yang digunakan untuk membawa turis melihat bangkai kapal Titanic dikabarkan menghilang di Samudera Atlantik. Semua komunikasi terputus pada hari Minggu (18/6) waktu setempat setelah 45 menit kapal tersebut turun menuju lokasi Titanic yang berada lebih 12.500 kaki (3.800 m) di bawah permukaan Atlantik Utara. Hingga Rabu (21/6) pagi ini dikabarkan persediaan oksigen hanya tersisa untuk 40 jam.

Kapal selam itu membawa turis untuk menyelam ke dasar laut Titanic dengan perkiraan waktu selama 2 jam. Untuk menikmati tur tersebut, wisatawan dikenakan biaya 250.000 dolar AS atau sekitar Rp3,7 miliar per orang untuk perjalanan selama 8 hari melihat bangkai kapal yang terkenal itu. Kapal selam tersebut dapat menampung lima orang, yang mencakup seorang awak serta tiga tamu yang membayar.

Kini pencarian masih terus dilakukan.

Kapal selam wisata 'Titanic' hilang di Samudra Atlantik: Pencarian masuki tahap kritis, pasokan oksigen segera habis.

Pencarian kapal selam wisata 'Titanic' memasuki fase kritis. Penjaga Pantai AS memperkirakan cadangan oksigen untuk para penumpang bisa habis dalam hitungan jam, berdasarkan estimasi sebelumnya.

Penjaga Pantai AS mengaku telah memperluas area pencarian hingga dua kali lipat. Kini mereka sedang menyoroti sekitar 36.260 kilometer persegi - hampir seluas Provinsi Jawa Barat.

Menurut Penjaga Pantai AS, pesawat P-3 milik Kanada telah menangkap suara-suara tersebut, yang kemudian dianalisis oleh para ahli Angkatan Laut AS.

Operasi bawah air telah digeser untuk mencari sumber suara.

Namun sejauh ini kapal selam jarak jauh yang sedang beroperasi (ROV) telah "memberikan hasil yang negatif", kata Penjaga Pantai.

Menurut memo internal pemerintah AS yang dilihat oleh sejumlah media AS, "dentuman" terdengar dalam interval 30 menit pada hari Selasa (20/06).

Perangkat sonar tambahan digunakan empat jam kemudian dan suara-suara itu masih terdengar.

Penjelajah laut dalam, Dr David Gallo, meyakini bahwa perlu keajaiban untuk menyelamatkan lima orang yang terperangkap di dalam kapal selam Titan, tetapi ia tetap berpikir positif.

Ia mengatakan pada acara televisi ITV Good Morning Britain bahwa suara-suara yang terdengar dari bawah laut itu "kredibel dan berulang", artinya tim harus berasumsi bahwa suara-suara itu datang dari kapal selam itu dan harus bergerak cepat untuk menemukan lokasinya.

"Kami perlu, pada titik ini, berasumsi itu [suara dari] kapal selam itu dan bergerak cepat ke lokasi itu, menemukannya dan mengirim robot ke bawah sana untuk memverifikasi letak kapal selam," kata Dr Gallo.

"Mereka harus bersiap siaga apakah [suara yang terdengar] itu dari kapal selam karena untuk menemukannya dan mengangkatnya ke atas permukaan laut akan memerlukan waktu berjam-jam."

Wartawan BBC Eloise Anna telah berbicara dengan Dr Ken Ledez, seorang ahli medis hiperbarik, yakni metode pengobatan dengan cara menghirup oksigen murni dalam ruangan bertekanan tinggi. Dr Ledez bekerja di Universitas Memorial di St John's, Newfoundland, Kanada.

Ia mengatakan kans bertahan hidup setelah oksigen habis tergantung pada metabolisme seseorang. Ada orang-orang tertentu yang bertahan hidup lebih lama dibandingkan orang lain.

"Itu tidak sama dengan mematikan lampu, tetapi lebih mirip mendaki gunung," katanya.

"Mereka akan berusaha sekuat tenaga untuk mengurangi konsumsi oksigen, mereka akan beristirahat, mereka akan berusaha santai dan tetap tenang sebisa mungkin."

Terlalu banyak beraktivitas dapat meningkatkan kerja metabolisme dan menghasilkan karbondioksida, jelas Dr Ledez.

Ia juga mengatakan "hipotermia bisa membantu mereka".

"Ada juga kemungkinan jika mereka cukup kedinginan dan mereka hilang kesadaran, mereka bisa selamat… Detak jantung bisa melambat dalam keadaan dingin," kata Dr Ledez.

"Apakah mereka bisa hidup sampai seminggu dengan keadaan [oksigen] terbatas? Saya tidak yakin. Tetapi beberapa dari mereka bisa bertahan hidup lebih lama dibandingkan yang lainnya."

Para anggota tim penyelamatan mengatakan masih merasa 'optimistis dan penuh harapan' seiring dengan dikerahkannya 10 kapal tambahan dan beberapa kapal selam jarak jauh dalam misi pencarian.

Kapten Penjaga Pantai Jamie Frederick, yang memimpin misi pencarian mengatakan: "Kami tidak tahu mereka di mana, kalau boleh jujur dengan Anda".

Sudah hampir tiga hari, tim penyelamat dari Amerika Serikat dan Kanada sibuk mencari kapal selam mini di tengah Samudera Atlantik. Kapal selam itu mengangkut tiga jutawan, seorang anak jutawan, dan pensiunan perwira Angkatan Laut Perancis.

Menggunakan Titan, kapal selam mini, mereka menempuh perjalanan wisata khusus untuk melihat puing-puing Titanic di dasar Samudera Atlantik. Titan mulai menyelam Minggu (18/6/2023) pagi. Lebih-kurang 45 menit kemudian, kru darat kehilangan kontak dengan kapal selam dengan panjang hampir 10 meter itu.

OceanGate, pemilik Titan, menyebut kapal selam itu memiliki cadangan oksigen untuk 96 jam.

OceanGate, pemilik Titan, menyebut kapal selam itu memiliki cadangan oksigen untuk 96 jam. Dengan demikian, penumpang Titan bisa mendapat oksigen paling lama sampai Kamis (22/6) pukul 06.00 waktu Newfoundland, Kanada.

Kapal patroli maritim, pesawat angkut militer, serta kapal Pasukan Penjaga Laut dan Pantai (Palapa) AS-Kanada dikerahkan. Pada Rabu pagi, Palapa Kanada mengungkap soal sonar yang mendeteksi benda yang ukurannya mirip dengan Titan.


Belum dipastikan, apakah benda itu Titan atau bukan. Robot pencari sudah dikerahkan untuk memeriksa ke sekitar lokasi. Namun, belum ada hasil menggembirakan.

Foto tanpa tanggal yang dirilis OceanGate Expeditions per Juni 2021 ini menunjukkan kapal selam Titan. Sekitar 45 menit setelah menyelam pada Minggu (18/6/2023), kru darat kehilangan kontak dengan Titan.OCEANGATE EXPEDITIONS VIA AP, FILE)

Foto tanpa tanggal yang dirilis OceanGate Expeditions per Juni 2021 ini menunjukkan kapal selam Titan. Sekitar 45 menit setelah menyelam pada Minggu (18/6/2023), kru darat kehilangan kontak dengan Titan.

Mantan perwira Angkatan Laut Inggris, Chris Parry, mengatakan, ada tantangan khusus untuk menggunakan sonar di sekitar Titanic. Di sekitar kapal yang karam pada 1912 itu banyak puing yang ukurannya bisa hampir sama dengan Titan.

Akan sulit membedakan puing itu dengan Titan. Di sekitar kapal yang karam pada 1912 itu banyak puing yang ukurannya bisa hampir sama dengan Titan. Dengan demikian, akan sulit membedakan puing itu dengan Titan.

Puing Titanic yang terletak hampir 700 kilometer di timur Newfoundland, Kanada, memang menjadi menjadi lokasi tujuan Titan. Penumpang dan awak Titan berangkat dari wilayah timur Kanada itu dengan kapal Polar Prince.


Pendiri dan pemimpin OceanGate, Stockton Rush, adalah salah seorang dari lima penumpang Titan. Pensiunan AL Perancis, Paul-Henry Nargeolet, mengemudikan Titan.

Sejak 1987, mantan anggota unit pembersih ranjau laut pada AL Perancis itu sudah berulang kali menyelam ke lokasi kapal Titanic karam. Ia bergabung dengan Experiential Media (EM) Group yang mendapatkan hak memanfaatkan puing Titanic, kapal yang karam pada 1912.

Nargeolet dan Rush mengantarkan Hamish Harding, Shahzada Dawood, dan Sulaeman Dawood. Sulaeman merupakan anak pertama Shahzada.

Foto tanpa tanggal yang dirilis OceanGate Expeditions ini menunjukkan kapal selam Titan diangkut ke lokasi penyelaman.  Hilang sejak Minggu (19/6/2023) saat penyelaman menuju lokasi bangkai Titanic di Samudera Atlantik, Titan terus menjadi target pencarian tim penyelamat.
OCEANGATE EXPEDITIONS / AFP

Foto tanpa tanggal yang dirilis OceanGate Expeditions ini menunjukkan kapal selam Titan diangkut ke lokasi penyelaman. Hilang sejak Minggu (19/6/2023) saat penyelaman menuju lokasi bangkai Titanic di Samudera Atlantik, Titan terus menjadi target pencarian tim penyelamat.

Dalam wawancara dengan BBC pada 2021, Rush menyebut setiap penjelajah yang mau menaiki Titan harus mengeluarkan 250.000 dollar AS. Ia memakai istilah penjelajah, bukan pelancong. “Kami tidak melayani wisatawan,” kata dia.

Berada hampir 4.000 meter di bawah permukaan laut untuk mendekati bangkai Titanic, diperlukan teknologi dan keterampilan khusus. Oleh karena itu, 250.000 dollar AS disebut Rush sebagai ongkos yang pantas.

Rush menyebut setiap penjelajah yang mau menaiki Titan harus mengeluarkan 250.000 dollar AS. Ia memakai istilah penjelajah, bukan pelancong.


OceanGate mengklaim, sampai sekarang tidak sampai 250 orang pernah melihat puing itu dari dekat. Padahal, lokasi karam Titanic sudah diketahui sejak 1985. Bahkan, Nargeolet sudah berulang kali mengambil puing dan aneka benda lain dari bangkai Titanic.

Dengan demikian, keluarga Dawood membayar 500.000 dollar AS untuk menaiki Titan. Sementara Harding membayar 250.000 dollar AS.

Harding sudah berulang kali menghabiskan uang untuk penjelajahan ke berbagai penjuru Bumi dan antariksa. Ia antara lain ke Antartika bersama Buzz Aldrin, astronot yang pernah melangkah di bulan. Tahun lalu, ia menyelam ke Palung Mariana yang merupakan titik terdalam di dasar laut.

Jutawan Inggris Hamish Harding (kanan) seusai terbang dengan pesawat ulang-alik pada Juni 2022. Pada 18 Juni 2023,
FELIX KUNZE/BLUE ORIGIN VIA AP

Jutawan Inggris Hamish Harding (kanan) seusai terbang dengan pesawat ulang-alik pada Juni 2022. Pada 18 Juni 2023,

Harding juga pernah menaiki pesawat yang memecahkan rekor penerbangan tercepat untuk mengitari Bumi. Ia juga pernah mengeluarkan setidaknya 200.000 dollar AS untuk menumpang roket Blue Origin. Roket itu mengantarnya ke antariksa selama 10 menit lalu kembali ke Bumi.

Kekayaan Harding didapat dari bisnis konsultansi penerbangan. Warga Inggris itu memusatkan bisnisnya di Dubai, Uni Emirat Arab. Bisnis utamanya adalah menyewakan pesawat dan menfasilitasi kredit pesawat.

logo Kompas.id

Mainan Berbahaya Orang-orang Kaya

Keluarga Dawood membayar 500.000 dollar AS untuk perjalanan wisata melihat bangkai Titanic di dasar Samudera Atlantik. Harding membayar 250.000 dollar AS

Foto yang direkam di lokasi dan waktu yang tidak diungkap ini menunjukkan Titan, kapal selam milik OceanGate. Sejak Minggu (18/6/2023), kapal itu hilang kontak kala menuju lokasi kapal Titanic karam.

Sudah hampir tiga hari, tim penyelamat dari Amerika Serikat dan Kanada sibuk mencari kapal selam mini di tengah Samudera Atlantik. Kapal selam itu mengangkut tiga jutawan, seorang anak jutawan, dan pensiunan perwira Angkatan Laut Perancis.

Menggunakan Titan, kapal selam mini, mereka menempuh perjalanan wisata khusus untuk melihat puing-puing Titanic di dasar Samudera Atlantik. Titan mulai menyelam Minggu (18/6/2023) pagi. Lebih-kurang 45 menit kemudian, kru darat kehilangan kontak dengan kapal selam dengan panjang hampir 10 meter itu.

OceanGate, pemilik Titan, menyebut kapal selam itu memiliki cadangan oksigen untuk 96 jam.

OceanGate, pemilik Titan, menyebut kapal selam itu memiliki cadangan oksigen untuk 96 jam. Dengan demikian, penumpang Titan bisa mendapat oksigen paling lama sampai Kamis (22/6) pukul 06.00 waktu Newfoundland, Kanada.

Kapal patroli maritim, pesawat angkut militer, serta kapal Pasukan Penjaga Laut dan Pantai (Palapa) AS-Kanada dikerahkan. Pada Rabu pagi, Palapa Kanada mengungkap soal sonar yang mendeteksi benda yang ukurannya mirip dengan Titan.

Belum dipastikan, apakah benda itu Titan atau bukan. Robot pencari sudah dikerahkan untuk memeriksa ke sekitar lokasi. Namun, belum ada hasil menggembirakan.

Foto tanpa tanggal yang dirilis OceanGate Expeditions per Juni 2021 ini menunjukkan kapal selam Titan. Sekitar 45 menit setelah menyelam pada Minggu (18/6/2023), kru darat kehilangan kontak dengan Titan.
OCEANGATE EXPEDITIONS VIA AP, FILE)

Foto tanpa tanggal yang dirilis OceanGate Expeditions per Juni 2021 ini menunjukkan kapal selam Titan. Sekitar 45 menit setelah menyelam pada Minggu (18/6/2023), kru darat kehilangan kontak dengan Titan.

Mantan perwira Angkatan Laut Inggris, Chris Parry, mengatakan, ada tantangan khusus untuk menggunakan sonar di sekitar Titanic. Di sekitar kapal yang karam pada 1912 itu banyak puing yang ukurannya bisa hampir sama dengan Titan.

Akan sulit membedakan puing itu dengan Titan. Di sekitar kapal yang karam pada 1912 itu banyak puing yang ukurannya bisa hampir sama dengan Titan. Dengan demikian, akan sulit membedakan puing itu dengan Titan.

Puing Titanic yang terletak hampir 700 kilometer di timur Newfoundland, Kanada, memang menjadi menjadi lokasi tujuan Titan. Penumpang dan awak Titan berangkat dari wilayah timur Kanada itu dengan kapal Polar Prince.


Pendiri dan pemimpin OceanGate, Stockton Rush, adalah salah seorang dari lima penumpang Titan. Pensiunan AL Perancis, Paul-Henry Nargeolet, mengemudikan Titan.

Sejak 1987, mantan anggota unit pembersih ranjau laut pada AL Perancis itu sudah berulang kali menyelam ke lokasi kapal Titanic karam. Ia bergabung dengan Experiential Media (EM) Group yang mendapatkan hak memanfaatkan puing Titanic, kapal yang karam pada 1912.

Nargeolet dan Rush mengantarkan Hamish Harding, Shahzada Dawood, dan Sulaeman Dawood. Sulaeman merupakan anak pertama Shahzada.

Foto tanpa tanggal yang dirilis OceanGate Expeditions ini menunjukkan kapal selam Titan diangkut ke lokasi penyelaman.  Hilang sejak Minggu (19/6/2023) saat penyelaman menuju lokasi bangkai Titanic di Samudera Atlantik, Titan terus menjadi target pencarian tim penyelamat.
OCEANGATE EXPEDITIONS / AFP

Foto tanpa tanggal yang dirilis OceanGate Expeditions ini menunjukkan kapal selam Titan diangkut ke lokasi penyelaman. Hilang sejak Minggu (19/6/2023) saat penyelaman menuju lokasi bangkai Titanic di Samudera Atlantik, Titan terus menjadi target pencarian tim penyelamat.

Dalam wawancara dengan BBC pada 2021, Rush menyebut setiap penjelajah yang mau menaiki Titan harus mengeluarkan 250.000 dollar AS. Ia memakai istilah penjelajah, bukan pelancong. “Kami tidak melayani wisatawan,” kata dia.

Berada hampir 4.000 meter di bawah permukaan laut untuk mendekati bangkai Titanic, diperlukan teknologi dan keterampilan khusus. Oleh karena itu, 250.000 dollar AS disebut Rush sebagai ongkos yang pantas.

Rush menyebut setiap penjelajah yang mau menaiki Titan harus mengeluarkan 250.000 dollar AS. Ia memakai istilah penjelajah, bukan pelancong.

OceanGate mengklaim, sampai sekarang tidak sampai 250 orang pernah melihat puing itu dari dekat. Padahal, lokasi karam Titanic sudah diketahui sejak 1985. Bahkan, Nargeolet sudah berulang kali mengambil puing dan aneka benda lain dari bangkai Titanic.

Dengan demikian, keluarga Dawood membayar 500.000 dollar AS untuk menaiki Titan. Sementara Harding membayar 250.000 dollar AS.

Harding sudah berulang kali menghabiskan uang untuk penjelajahan ke berbagai penjuru Bumi dan antariksa. Ia antara lain ke Antartika bersama Buzz Aldrin, astronot yang pernah melangkah di bulan. Tahun lalu, ia menyelam ke Palung Mariana yang merupakan titik terdalam di dasar laut.

Jutawan Inggris Hamish Harding (kanan) seusai terbang dengan pesawat ulang-alik pada Juni 2022. Pada 18 Juni 2023,
FELIX KUNZE/BLUE ORIGIN VIA AP

Jutawan Inggris Hamish Harding (kanan) seusai terbang dengan pesawat ulang-alik pada Juni 2022. Pada 18 Juni 2023,

Harding juga pernah menaiki pesawat yang memecahkan rekor penerbangan tercepat untuk mengitari Bumi. Ia juga pernah mengeluarkan setidaknya 200.000 dollar AS untuk menumpang roket Blue Origin. Roket itu mengantarnya ke antariksa selama 10 menit lalu kembali ke Bumi.

Kekayaan Harding didapat dari bisnis konsultansi penerbangan. Warga Inggris itu memusatkan bisnisnya di Dubai, Uni Emirat Arab. Bisnis utamanya adalah menyewakan pesawat dan menfasilitasi kredit pesawat.


Sebaliknya keluarga Dawood merupakan warga Pakistan yang memusatkan bisnis di Inggris. Shahzada memimpin salah satu konglomerasi terbesar Pakistan, Engro Corp. Bermula dari pupuk, bisnis Engro berkembang ke pabrik kendaraan, energi, dan layanan digital.

Di luar kesibukan mengurus bisnis, Shahzada menjadi anggota dewan penyantun Search for Extraterrestrial Intelligence Institute (SETI). Lembaga itu fokus mencari bukti keberadaan alien di antariksa.

Selain OceanGate, Rush juga pernah membuat paket wisata senilai 105.000 dollar AS per orang. Dengan biaya itu, pelancong bisa menikmati wisata selama delapan hari di laut dan termasuk mendekati Titanic. Tanpa diiklankan, paket itu laris dipesan untuk periode enam bulan.

Shahzada Dawood (kanan) dan anaknya, Sulaeman Dawood, dalam foto yang tidak diungkap kapan dan di mana perekamannya. Mereka sedang dalam kapal selam mini yang hilang kontak kala menyelam di tengah Samudera Atlantik sejak Minggu (18/6/2023).
DAWOOD HERCULES CORPORATION / AFP

Shahzada Dawood (kanan) dan anaknya, Sulaeman Dawood, dalam foto yang tidak diungkap kapan dan di mana perekamannya. Mereka sedang dalam kapal selam mini yang hilang kontak kala menyelam di tengah Samudera Atlantik sejak Minggu (18/6/2023).

Fakta itu menunjukkan, wisata minat khusus dan berbiaya tinggi tidak hanya diinginkan Harding dan Dawood. Bahkan, perjalanan ke dasar laut relatif lebih murah dibandingkan ke antariksa.

Pebisnis Amerika Serikat keturunan Iran, Anousheh Ansari, dilaporkan menyumbang 20 juta dollar AS ke Yayasan XPrize. Dengan sumbangan besar itu, ia mendapat satu kursi di roket Soyuz yang mengantarnya ke Stasiun Antariksa Internasional (ISS). Ansari tinggal di ISS selama 11 hari.


Jika hanya ingin sekadar berada bawah orbit selama beberapa menit, harganya berkisar dari 300.000 dollar AS hingga 500.000 dollar AS per orang.

Jika hanya ingin sekadar berada bawah orbit selama beberapa menit, harganya berkisar dari 300.000 dollar AS hingga 500.000 dollar AS per orang. Dengan harga itu, ada kesempatan langka yang hanya mungkin didapatkan amat sedikit orang di Bumi.

Seperti pernah disampaikan Rush, petualangan itu menawarkan kenangan tidak terlupakan. Harganya memang mahal. Bukan hanya nilai uangnya. Ada risiko kehilangan nyawa dalam petualangan itu. (AFP/REUTERS)


Post a Comment

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Previous Next

نموذج الاتصال