Skip to main content

Cara Aman CTR Iklan Ads tidak Dibanned Google

Cara Aman CTR Iklan Ads tidak Dibanned Google

Google Adsense adalah media Periklanan Google yang melakukan kerjasama dengan beberapa Blog/WEB untuk mendapat penghasilan dari Blog tersebut. Ada beberapa istilah dalam Google Adsense seperti CTR (Click Through Rate) adalah perbandingan dalam persen antara jumlah klik yang diterima suatu Ad Units dengan jumlah tampilan Ad Units tersebut. Misal, satu Ad Units yang ditampilkan 80 kali dan di klik 20 kali memiliki nilai CTR 25% (20:80).


Mengapa kali ini mastimon.com membahas tentang CTR ? Beberapa hari ini saya berfikir mengapa di Group Facebook Sekte Karungan banyak yang membahas tentang CTR di atas 2% dan saya coba mengali informasi KOMUNITAS PUBLISHER INDONESIA yang membahas tentang CTR yang aman. Rata rata berkomentar bahwa CTR aman itu adalah dibawah 5% tapi ada juga yang berkomentar bahwa CTR mencapai 25% juga aman asal sumber alami dari Google.

CTR mastimon.com paling tinggi adalah 0.60% dan tidak pernah di atas 1%. Sumber pengunjung 95% adalah dari beranda google karena yang 5% saya mencari visitor dari Fanspage Facebook. Sedih melihat CTR saya hanya segitu dibandingkan teman teman ada yang mencapai 10% dan aman. Belum ada penjelasan yang pasti dari Google berapa Persen CTR yang aman tetapi untuk anda yang baru memiliki akun Adsense jangan coba coba menaikkan CTR.

Menaikkan CTR cukup mudah sebenarnya tetapi Akun Adsense anda rawan di Banned oleh Google. Pilih mana Akun Adsense aman tetapi memiliki penghasilan Normal atau anda mengejar penghasilan tetapi akun anda di Banned. Nah kali ini akan saya coba jelaskan supaya akun Adsense anda tetap aman walaupun CTR anda mencapai 100%.

Cara supaya akun Adsense tetap aman walaupun CTR tinggi

Google memiliki cara tersendiri untuk mendeteksi perilaku atau respon di Iklan Adsense anda. Untuk anda yang baru memiliki akun Adsense, jangan sekali kali berfikiran untuk mengklik Iklan sendiri karena itu akan diketahui oleh Google. Terlebih lagi anda menggunakan satu perangkat Handphone atau PC melakukan Klik Iklan satu hari berkali kali walaupun jaraknya anda atur. Jika CTR anda di bawah 1% mungkin masih aman walaupun anda melakukan klik sendiri. Seperti bisa lihat screenshot CTR akun Adsense milik saya yang baru dibawah ini


Statistik Page View, Page RPM, Impressions, Click, CPC dan Page CTR dalam 3 Bulan terakhir. Page CTR hanya mencapai 0.87% dan itu sudah sudah dipastikan aman karena masih dibawah 1%.

Statistik Page View, Page RPM, Impressions, Click, CPC dan Page CTR dalam 1 hari. Page CTR hanya mencapai 0.50% dan itu sudah sudah dipastikan aman karena masih dibawah 1%.


Bagaiman jika CTR di atas 1% bahkan mencapai 100% ???

CTR mencapai 100% itu terjadi karena Page View sama dengan total klik. Memiliki CTR besar adalah bagus karena memungkinkan anda mendapatkan penghasilan besar juga tetapi perlu diperhatikan jika CTR persentasenya besar dan mencapai 100% maka anda perlu waspada yaitu dengan mengecek ke Daskboard Blogger. Pilih Statistik lalu anda Pilih Tayangan Sekarang untuk melihat sumber statistik sekarang atau Pilih Hari untuk memilih statistik yang tayang satu hari kemaren. Terlihat akan tampil seperti gambar dibawah ini :


Kotak merah diatas menunjukkan bahwa dalam satu hari kemaren sumber Visitor atau Pengunjung mayoritas dari Google. Jika informasi statistik pengunjung belum meyakinkan anda maka coba anda buka kembali di daskboard Blogger lalu anda Pilih Statistik dan pilih Sumber Lalu Lintas. Terlihat jelas seperti gambar dibawah ini visitor blog anda berasal dari mana saja. Jika Mayoritas dari Google berarti akun Adsense anda masih aman tetapi jika lebih besar dari Facebook atau media lainnya maka siap siap saja akun anda akan di Banned.



Cara meningkatkan CTR Adsense - Pelajari cara meningkatkan CTR Google AdSense. CTR (High Click-through Rate) adalah faktor penting dalam pendapatan yang kamu peroleh dari iklan di blog atau situs web.


8 Cara Pro Meningkatkan CTR AdSense pada Blog


Google AdSense mungkin merupakan cara yang paling dapat diandalkan bagi blogger untuk mendapatkan penghasilan dari blogging. Blogger menampilkan iklan Google di blog, ketika pembaca mengklik iklan tersebut, blogger mendapatkan bagian dalam pendapatan dari Google.

High Click-through Rate (CTR) dan Pay Per Klick (PPC) adalah dua faktor utama yang menentukan pendapatan publisher AdSense. Kita tidak memiliki kendali pada CPC, jadi jika kamu mendapatkan CPC rendah, kamu harus mengatasinya sendiri. 


Oleh karena itu, blogger sering fokus pada cara meningkatkan tingkat CTR AdSense. Dengan meningkatkan CTR, blogger berharap dapat mengurangi dampak CPC/BPK rendah.

Kebanyakan blogger profesional mendapatkan CTR antara 1% hingga 3%. Jika kamu mendapatkan CTR di atas 2%, seharusnya kamu senang. Tapi jika lebih rendah dari 2%, berarti kamu harus mempertimbangkan cara untuk meningkatkan CTR AdSense. Saya akan memberi tahumu beberapa metode yang dapat digunakan untuk meningkatkan CTR.

Apa itu CTR?

CTR adalah click-through rate atau dalam bahasa Indonesia rasio klik-tayang. Yaitu jumlah klik yang diterima untuk setiap seratus tayangan iklan. Jadi, jika kamu menampilkan satu unit iklan Google AdSense di blog dan ditampilkan 100 kali, lalu jika pengunjung mengkliknya 2 kali, maka kamu mendapatkan 2% CTR.

Untuk menghitung tingkat CTR kamu dapat menggunakan rumus berikut:

Jumlah klik / jumlah tayangan iklan × 100

Rumus di atas memberimu persentase CTR.


Cara Meningkatkan Tingkat CTR AdSense


Seperti yang saya katakan, dengan mencoba dan meningkatkan tingkat CTR kamu bisa menyeimbangkan efek CPC rendah sampai batas tertentu. Ini penting bahwa situs web atau blogmu mendapatkan CTR yang sehat. Mari kita lihat metode yang dapat membantumu dalam hal ini:

1. Penempatan Iklan
Ini mungkin faktor yang paling jelas dan paling penting. CTR memiliki banyak kaitan dengan di mana tepatnya kamu menempatkan iklan Adsense.

Secara umum, disarankan agar iklan Adsense ditempatkan di dalam atau di dekat konten yang sebenarnya, iklan tersebut akan mendapatkan CTR yang lebih baik. Iklan yang ditempatkan dengan baik mendapatkan lebih banyak dilihat dan karena itu lebih banyak CTR.

Dimana posisi terbaik untuk Iklan AdSense?
1. Tepat di bawah judul Post
2. Setelah dua paragraf dalam konten
3. Di akhir konten Post
4. Bagian atas sidebar
5. Header

Untuk meningkatkan CTR, tempatkan iklanmu dengan baik. Penempatan iklan terbaik bisa di beranda Blog / Website. Selain itu juga di posting blog.

TIP BONUS: kamu harus memastikan bahwa
iklan dengan CTR tertinggi bisa dimuat terlebih dahulu.

2. Ukuran Iklan
Iklan yang lebih besar mendapat perhatian lebih mudah dan meningkatkan tingkat CTR.

Tapi bukan berarti kamu harus dan hanya menggunakan iklan Adsense dengan ukuran paling besar, tapi iklan harus terlihat alami dan mudah masuk dalam tata letak situs web. Jika ukuran iklanmu tidak sesuai tata letak blog/website ini akan merusak keseluruhan tampilan dan kenyamanan pengunjung, akibatnya kamu akan kehilangan pembaca.

Carilah ukuran iklan AdSense terbaik yang sesuai dengan situs webmu. Pada dasarnya tidak ada ukuran atau jenis iklan dengan performa terbaik secara menyeluruh. Jadi tetap bereksperimen.

3. Perbarui Letak Iklan
Jika kamu memiliki banyak pembaca reguler di blog, kamu harus mempertimbangkan faktor ad blindless. Para pembaca yang secara teratur kembali ke situs web/blogmu, mereka akan mengalami "Ad Blindless atau buta iklan" maksudnya adalah mereka menjadi terbiasa dengan tata letak blogmu sehingga secara otomatis mereka akan pura-pura tidak melihat iklan atau mengacuhkannya, padahal iklan terlihat jelas.

Dan apa akibatnya? Mereka tidak tertarik dan tidak akan mengklik iklan tersebut.

mereka akan berhenti memperhatikan tempat-tempat di mana kamu memasang iklan. CTR dan pendapatan Adsense akan menurun.

Solisinya, kamu bisa menghindari kebutaan iklan ini dengan secara teratur mengubah posisi, ukuran, dan jenis iklan.

4. Layout yang responsif
Walaupun sebagian besar pembaca blogmu menggunakan desktop untuk membaca untuk berkunjung, kamu tetap tidak boleh mengabaikan pentingnya memiliki layout situs web yang responsif.

Jika situs web atau blog tidak responsif, kamu juga akan kehilangan sejumlah CTR signifikan yang bisa kamu peroleh melalui pembaca yang membuka blog di ponsel. Jadi pastikan blogmu responsive.

5. Niche dan Konten Berkualitas
Jika situs webmu adalah situs web yang melayani jasa tertentu, kemungkinan CTR-mu akan lebih tinggi. Ini karena Google AdSense adalah program penayangan iklan kontekstual. Adsense melayani iklan yang terkait dengan konten situs web. Jadi, pembaca cenderung mengklik iklan yang berasal dari domain informasi yang sama atau serupa (se-niche).

Kualitas konten adalah faktor yang paling penting untuk keberhasilan sebuah web atau blog. Konten berkualitas baik tidak hanya memberimu lebih banyak pengunjung tetapi juga akan mempertahankan kualitas website. Dan dengan demikian, kemungkinan meningkatkan CTR yang lebih tinggi.

6. Tingkatkan Traffic Pencarian
Ibaratnya ini adalah cawan suci blogging. Jika sebagian besar lalu lintas situs webmu tidak berasal dari mesin pencari, ini bukan situasi yang baik. Karena setidaknya 70% dari keseluruhan traffic blogmu harus dari mesin pencari. Pengunjung yang datang melalui mesin pencari lebih cenderung mengklik iklan karena orang-orang itu sedang mencari informasi.

7. Kurangi Tingkat Bounc Rate
Kamu harus mencoba mengurangi bounce rate pada blog serendah mungkin. Bounce Rate yang lebih rendah berarti pembaca mengunjungi lebih banyak halaman, mereka melihat lebih banyak iklan dan karenanya lebih cenderung mengklik iklan AdSense. Tentu berimbas pada CTR yang lebih tinggi.

8. Kurangi Jumlah Iklan
Meskipun disarankan bahwa kamu harus menggunakan jumlah maksimum iklan AdSense yang diizinkan, tetapi itu hanya ketika situs web atau blogmu memiliki jumlah konten yang sangat baik di setiap halaman. Idealnya, kamu hanya ingin menempatkan sejumlah iklan di posisi strategis.

Jadi kamu harus menghapus iklan yang berkinerja rendah dari halamanmu. Ini tentunya akan meningkatkan tingkat CTR. Tetapi keputusan seperti itu harus diambil setelah pertimbangan yang cermat.

Berapa Banyak Harusnya CTR?

Ada beberapa blogger pemula di luar sana yang mengklaim memiliki tingkat CTR 25% atau lebih. Semua ini bohong. Rasio CTR tinggi seperti itu tidak dapat dicapai tanpa memainkan trik dan melakukan manipulasi (seperti iklan dalam floating DIV atau mengubah tampilan iklan dengan CSS). Google sangat menghukum upaya peningkatan CTR yang sperti itu.

Rasio klik-tayang 2-3% itu sudah baik. Bahkan hingga 5% itu artinya sangat bagus. Tetapi jika lebih tinggi dari 5%, Anda harus periksa. Ini karena Google akan memperhatikan CTR tinggi dan akan melihat jauh ke dalam situs webmu. Jika ternyata kamu melanggar kebijakan AdSense, akun AdSense-mu dapat diblokir selamanya.

Berapa RKPT yang Anda dapatkan? Apakah Anda pikir Anda perlu meningkatkan RKPT AdSense Anda? Bagikan komentar dan diskusikan masalah apa pun yang Anda hadapi terkait RKT.

Bagaimana pendapatmu tentang meningkatkan CTR Adsense ini? Apakah kalian punya tips lain selain di atas untuk meningkatkan CTR? Tulis komentar kalian dibawah 👇🏻. Happy Blogging.


Kesimpulan :

Dari uraian penjelasn di atas bisa saya simpulkan bahwa besarnya CTR tidak mempengaruhi akun Adsense akan di Banned walaupun mencapai angka 100% apabila Visitor anda berasal dari beranda Google. Sebaliknya jika CTR anda mencapai hanya 10% tetapi sumber trafik bukan berasal dari Google seperti dari Facebook, Google +, Twitter, BBM, WhatApp dan Instagram maka kemungkinan besar akun anda akan terciduk.


Saran :

Sebagai seorang blogger yang baik harus tetap memperhatikan Kualitas Tulisan yang dibuat. Mendatangkan visitor sebanyak banyaknya dari beranda Google bukan membagikannya ke media sosial terlebih lagi Akun Adsense anda baru seumur jagung. Jika visitor atau pengunjung blog anda sudah mencapai puluhan ribu dan mayoritas dari Google sudah dipastikan akun Adsense anda aman walaupun ada yang jail melakukan respon terhadap iklan secara berulang kali.


Semoga bermanfaat

Comments