Lengkap Istilah Youtube Yang Jarang Diketahui
Kumpulan Daftar Kata-Kata Istilah YouTube yang Jarang Diketahui dan Sering Digunakan YouTubers Profesional
1. YOUTUBE
YouTube adalah situs web atau website berbagi konten video. Melalui YouTube, sobat bisa mengupload (unggah), download (unduh), menonton, dan mendapatkan banyak uang dari internet.
2. CHANNEL ATAU SALURAN YOUTUBE
Channel atau saluran YouTube selayaknya "rumah kosan" bagi akun YouTube sobat.
Contohnya seperti blog. Sobat punya akun Google+ dan sobat membuat banyak blog dalam satu akun Google+ tersebut.
Nah, tiap-tiap blog tersebut bisa dikatakan "Channel". Itulah yang dimaksud dengan Channel di YouTube.
Contohnya seperti blog. Sobat punya akun Google+ dan sobat membuat banyak blog dalam satu akun Google+ tersebut.
Nah, tiap-tiap blog tersebut bisa dikatakan "Channel". Itulah yang dimaksud dengan Channel di YouTube.
3. YOUTUBERS
Pengertian YouTubers yang sebenarnya adalah pelaku YouTube itu sendiri. Sobat main YouTube, itu artinya sobat adalah YouTuber.
4. VLOGGER
YouTuber dan Vlogger itu berbeda. YouTuber seperti yang saya jelaskan, pelaku sederhana, tidak neko-neko.
Namun kalau sobat ingin dianggap sebagai seorang Vlogger, maka sobat harus memiliki situs web atau website pribadi.
Sesuai dengan namanya, Vlog - gabungan kata dari Video dan Blog, artinya sobat saling menghubungkan konten video dengan isi artikel blog sobat.
Caranya bisa beragam kok, entah video-nya ditampilkan di sisi samping situs blog, atau pun di dalam postingan blog sobat.
Yang penting, selama situs web tersebut milik sobat pribadi, dan selama itu pula sobat mengaitkannya (menghubungkann ya) dengan video YouTube sobat, maka sobat dianggap seorang Vlogger.
Namun kalau sobat ingin dianggap sebagai seorang Vlogger, maka sobat harus memiliki situs web atau website pribadi.
Sesuai dengan namanya, Vlog - gabungan kata dari Video dan Blog, artinya sobat saling menghubungkan konten video dengan isi artikel blog sobat.
Caranya bisa beragam kok, entah video-nya ditampilkan di sisi samping situs blog, atau pun di dalam postingan blog sobat.
Yang penting, selama situs web tersebut milik sobat pribadi, dan selama itu pula sobat mengaitkannya (menghubungkann
5. SEO
Search Engine Optimization (SEO) adalah optimasi konten video agar video sobat muncul di halaman pertama YouTube.
Tujuannya tidak lain dan/atau tidak bukan yaitu agar konten video sobat mudah ditemukan di halaman pertama YouTube sehingga bisa di tonton oleh banyak orang dalam waktu yang relatif cepat.
SEO terbagi menjadi 2 teknik, SEO On Page dan SEO Off Page.
SEO On Page berfokus pada teknik internal di dalam YouTube itu sendiri; sedangkan SEO Off Page adalah teknik SEO yang berfokus mencari trafik penonton dengan cara memanfaatkan sosial media atau beriklan di situs lain.
Tujuannya tidak lain dan/atau tidak bukan yaitu agar konten video sobat mudah ditemukan di halaman pertama YouTube sehingga bisa di tonton oleh banyak orang dalam waktu yang relatif cepat.
SEO terbagi menjadi 2 teknik, SEO On Page dan SEO Off Page.
SEO On Page berfokus pada teknik internal di dalam YouTube itu sendiri; sedangkan SEO Off Page adalah teknik SEO yang berfokus mencari trafik penonton dengan cara memanfaatkan sosial media atau beriklan di situs lain.
6. SUBSCRIBE
Subscribe adalah pelanggan dari Channel YouTube sobat; baik yang sifatnya "following" maupun "followers".
7. SUBSCRIPTION
Subscription adalah "following", dalam artian -- siapa yang sobat ikuti. Hal ini tertulis jelas di bagian Navigasi Menu di YouTube.
Ketika sobat menekan (memilih) menu Subscription, yang muncul adalah daftar saluran YouTube yang sobat ikuti selama ini.
Ketika sobat menekan (memilih) menu Subscription, yang muncul adalah daftar saluran YouTube yang sobat ikuti selama ini.
8. SUBSCRIBERS
Subscribers adalah kebalikan dari "following" yakni "followers", dalam artian -- seberapa banyak dan siapa-siapa saja pelanggan dari saluran YouTube sobat.
9. PLAYLIST
Kalau di dunia perbloggingan, kata Playlist seperti halnya merujuk ke label atau kategori.
Playlist berfungsi dan bermanfaat untuk memisahkan mana konten video berdasarkan topiknya masing-masing.
Playlist berfungsi dan bermanfaat untuk memisahkan mana konten video berdasarkan topiknya masing-masing.
10. CREATOR STUDIO
Creator Studio ini sama halnya seperti Dashboard di Blogger. Creator Studio juga bisa diartikan sebagai otak dari saluran YouTube itu sendiri.
Mengapa? Karena sobat akan menemukan banyak navigasi menu berdasarkan fungsinya masing-masing.
Contohnya seperti memasang watermark (tanda air), pengelola video, komunitas, Channel (saluran), terjemahan dan transkripsi, dan banyak lagi.
Mengapa? Karena sobat akan menemukan banyak navigasi menu berdasarkan fungsinya masing-masing.
Contohnya seperti memasang watermark (tanda air), pengelola video, komunitas, Channel (saluran), terjemahan dan transkripsi, dan banyak lagi.
11. DISKUSI
Diskusi adalah sebuah halaman pribadi di YouTube yang memungkinkan sobat untuk berdikusi dengan para pelanggan saluran YouTube sobat.
Halaman ini seperti halnya Timeline di Facebook atau Twitter. Seolah-olah seperti membuat status agar bisa diketahui dan di baca banyak orang.
Halaman ini seperti halnya Timeline di Facebook atau Twitter. Seolah-olah seperti membuat status agar bisa diketahui dan di baca banyak orang.
12. TENTANG
Tentang atau About adalah halaman yang memungkinkan sobat untuk mengisi deskripsi tentang saluran YouTube, lokasi, dan tautan situs web.
Praktisnya, "Tentang" adalah pengenalan jati diri dari saluran YouTube tersebut. Isi dan jelaskan secara ringkas, padat, dan jelas. Tidak perlu muluk-muluk.
Praktisnya, "Tentang" adalah pengenalan jati diri dari saluran YouTube tersebut. Isi dan jelaskan secara ringkas, padat, dan jelas. Tidak perlu muluk-muluk.
13. IKON CHANNEL
Ikonik saluran atau Icon Channel adalah ikon yang akan muncul diberbagai tempat, dan gambar ikon ini yang akan mewakili saluran YouTube.
Mengubah (mengganti) ikonik saluran YouTube bisa dilakukan dengan sangat mudah, dengan cara membuka profil Google+ dari akun YouTube itu sendiri dan menyetelnya langsung di halaman Google+.
Mengubah (mengganti) ikonik saluran YouTube bisa dilakukan dengan sangat mudah, dengan cara membuka profil Google+ dari akun YouTube itu sendiri dan menyetelnya langsung di halaman Google+.
14. DASBOR ATAU DASHBOARD
Pilihan menu pada Dasbor bertugas mengumpulkan dan/atau menampilkan total video, komentar, analytics dalam waktu satu bulan, waktu menonton, penayangan dan jumlah Subscribers.
15. PUBLISHER ADSENSE
Publisher AdSense adalah pelaku dari Google AdSense.
Pengertian Publisher dan Advertiser itu berbeda; karena definisi Advertiser ialah mengiklankan, sedangkan Publisher mendapatkan uang karena telah mengiklankan produk tersebut.
Pengertian Publisher dan Advertiser itu berbeda; karena definisi Advertiser ialah mengiklankan, sedangkan Publisher mendapatkan uang karena telah mengiklankan produk tersebut.
16. PAGE VIEW ATAU PAGE IMPRESSION
Page Impression adalah total jumlah halaman (berisi iklan AdSense) yang ditampilkan kepada para pengunjung atau penonton.
Jika pun unit iklan yang ditayangkan dalam satu waktu berjumlah 4, pada hakikatnya akan di hitung satuan.
Contohnya jika video tersebut memuat 4 iklan AdSense dan telah di tonton sebanyak 10 kali, maka hitungan Pageviews-nya tetap pada nilai 10.
Jika pun unit iklan yang ditayangkan dalam satu waktu berjumlah 4, pada hakikatnya akan di hitung satuan.
Contohnya jika video tersebut memuat 4 iklan AdSense dan telah di tonton sebanyak 10 kali, maka hitungan Pageviews-nya tetap pada nilai 10.
17. CLICK
Sederhananya, Click adalah Klik. Namun, Click disini berarti akumulasi jumlah klik yang didapatkan dari tiap-tiap unit iklan yang ditempatkan dan/atau dipasangkan.
18. COST PER CLICK (CPC)
Cost per Click adalah pembayaran dari tiap klik, -- dimana pembayaran tersebut akan dibebankan ke Advertiser untuk Publisher AdSense.
Google AdSense sebagai program periklanan itu sendiri, akan mengatur secara otomatis (distribusi) uang tersebut ke rekening Google AdSense sobat.
Advertiser, artinya pengiklan. Publisher AdSense adalah orang yang mengiklankan.
Selalu ingat bahwa biaya ini tidak sama antara satu Advertiser dengan yang lainnya. Semua itu tergantung jenis iklan, perusahaan apa dan siapa yang beriklan di AdSense, berapa nilai Click yang mereka tentukan, dan lain-lainnya.
Google AdSense sebagai program periklanan itu sendiri, akan mengatur secara otomatis (distribusi) uang tersebut ke rekening Google AdSense sobat.
Advertiser, artinya pengiklan. Publisher AdSense adalah orang yang mengiklankan.
Selalu ingat bahwa biaya ini tidak sama antara satu Advertiser dengan yang lainnya. Semua itu tergantung jenis iklan, perusahaan apa dan siapa yang beriklan di AdSense, berapa nilai Click yang mereka tentukan, dan lain-lainnya.
19. CLICK THROUGH RATE (CTR)
CTR adalah perhitungan dan/atau perbandingan antara jumlah tayangan iklan yang ditampilkan dan klik yang didapatkan.
Semisalnya, iklan tersebut tampil sebanyak 1,000 kali dan mendapatkan klik iklan sebanyak 40 kali, berarti persentase-nya bernilai 4% (empat persen).
Perhitungannya seperti ini: 40/1,000 x 100% = 4%.
Pada umumnya, CTR digunakan atau dimanfaatkan sebagai sarana media atau referensi publisher AdSense untuk memantau penghasilan mereka.
Sedangkan Google akan menggunakan CTR sebagai acuan apakah sobat bermain bersih (alami) atau tidak.
Jika nilai atau persentase-nya lebih dari 10%, bisa saja akun AdSense sobat diperingatkan atau ditangguhkan (Suspend). Yang lebih parah, bisa di Banned (Blokir Permanen) oleh Google.
Semisalnya, iklan tersebut tampil sebanyak 1,000 kali dan mendapatkan klik iklan sebanyak 40 kali, berarti persentase-nya bernilai 4% (empat persen).
Perhitungannya seperti ini: 40/1,000 x 100% = 4%.
Pada umumnya, CTR digunakan atau dimanfaatkan sebagai sarana media atau referensi publisher AdSense untuk memantau penghasilan mereka.
Sedangkan Google akan menggunakan CTR sebagai acuan apakah sobat bermain bersih (alami) atau tidak.
Jika nilai atau persentase-nya lebih dari 10%, bisa saja akun AdSense sobat diperingatkan atau ditangguhkan (Suspend). Yang lebih parah, bisa di Banned (Blokir Permanen) oleh Google.
20. REVENUE PER THOUSAND IMPRESSION (RPM) ATAU CPM
Revenue per Thousand Impression (RPM) atau bisa disebut juga dengan istilah CPM adalah jumlah pembagian antara pendapatan publisher AdSense dengan impresi iklan yang didapatkan.
Rumus perhitungan: Jumlah penghasilan / (Impression/ 100).
Jika sobat bingung, begini cara menghitungnya. Sobat mendapatkan penghasilan $200 dari 50,000 impresi iklan, maka nilai CPM yang didapatkan berarti $4.
Hasil dari $4 di atas didapatkan dengan cara menggunakan rumus di atas. Rumusnya seperti di bawah ini:
200/(50,000/ 1,000) = 200/50 = 4.
Rumus perhitungan: Jumlah penghasilan / (Impression/
Jika sobat bingung, begini cara menghitungnya. Sobat mendapatkan penghasilan $200 dari 50,000 impresi iklan, maka nilai CPM yang didapatkan berarti $4.
Hasil dari $4 di atas didapatkan dengan cara menggunakan rumus di atas. Rumusnya seperti di bawah ini:
200/(50,000/
31. AKUN ADSENSE JENIS HOSTED
Google AdSense pada jenis Hosted adalah tipe AdSense yang didapatkan dari Blogger (Blogspot) dan YouTube.
100% iklan pada versi Hosted hanya bisa ditayangkan (ditampilkan/ dipasangkan) di Blogspot dan YouTube. Satu unit iklan dari akun Hosted bisa dipasangkan di banyak blog Blogspot.
Kekurangan AdSense tipe Hosted adalah unit iklannya yang tidak bisa ditempatkan di situs yang sudah di Custom Domain seperti .com, .net, .org, dan Top Level Domain lainnya.
Selain itu, kekurangan AdSense dengan tipe Hosted masih berbagi hasil dengan pihak Google, yang artinya sobat tidak mendapatkannya secara penuh.
100% iklan pada versi Hosted hanya bisa ditayangkan (ditampilkan/
Kekurangan AdSense tipe Hosted adalah unit iklannya yang tidak bisa ditempatkan di situs yang sudah di Custom Domain seperti .com, .net, .org, dan Top Level Domain lainnya.
Selain itu, kekurangan AdSense dengan tipe Hosted masih berbagi hasil dengan pihak Google, yang artinya sobat tidak mendapatkannya secara penuh.
32. AKUN GOOGLE ADSENSE TIPE NON HOSTED
Google AdSense jenis Non Hosted merupakan tipe AdSense di atas tingkatan yang lebih tinggi, dimana sobat bisa menempatkan unit iklannya diberbagai situs, baik yang sudah di Custom Domain, Blogspot dan YouTube sekaligus.
Untuk mendapatkannya, situs yang harus didaftarkan sudah di Custom Domain, dalam artian Domain gratis harus ditingkatkan ke Top Level Domain.
Setelah itu, situs web tersebut diajukan ke Google Adsense. Jika pengajuan di terima, berarti sobat telah mendapatkan Google AdSense tipe Non Hosted.
Oh iya, penghasilan yang didapatkan secara penuh, tidak terbagi atau dibagikan ke Google.
Untuk mendapatkannya,
Setelah itu, situs web tersebut diajukan ke Google Adsense. Jika pengajuan di terima, berarti sobat telah mendapatkan Google AdSense tipe Non Hosted.
Oh iya, penghasilan yang didapatkan secara penuh, tidak terbagi atau dibagikan ke Google.
33. CUSTOM DOMAIN
Custom Domain adalah peningkatkan Domain pada situs web, dari yang awalnya gratis menjadi Top Level Domain.
Semisal diantaranya adalah .com, .id, .net, .web.id dan banyak lagi.
Semisal diantaranya adalah .com, .id, .net, .web.id dan banyak lagi.
34. TOP LEVEL DOMAIN
Top Level Domain adalah domain pada tingkatan yang lebih tinggi dibandingkan yang gratis.
Domain gratis yang dimaksud seperti Blogspot.com dan/atau Wordpress.com. Nah ketika domain sudah ditingkatkan (Custom Domain), akhiran "Blogspot" dan "Wordpress" akan hilang secara otomatis.
Untuk Blogger (Blospot), URL yang menampilkan tahun dan bulan tidak bisa dihilangkan (dihapus). Akan tetapi, Wordpress bisa menghilangkan atau mengadakannya seperti halnya Blogger.
Domain gratis yang dimaksud seperti Blogspot.com dan/atau Wordpress.com. Nah ketika domain sudah ditingkatkan (Custom Domain), akhiran "Blogspot" dan "Wordpress" akan hilang secara otomatis.
Untuk Blogger (Blospot), URL yang menampilkan tahun dan bulan tidak bisa dihilangkan (dihapus). Akan tetapi, Wordpress bisa menghilangkan atau mengadakannya seperti halnya Blogger.
35. VERIFIKASI PIN GOOGLE ADSENSE
Verifikasi PIN adalah suatu metode yang harus dilakukan oleh Publisher AdSense, sebagaimana yang telah ditentukan oleh Google guna mengetahui alamat si Publisher AdSense tersebut.
Verifikasi ini berarti mengesahkan alamat sobat, dengan tujuan agar pihak Google lebih mudah dalam mengirim surat verifikasi, kesesuaian cukup umur, penghasilan kepada sobat agar tidak salah tuju, dan hal-hal lainnya yang di anggap penting.
Satu hal yang pasti, verifikasi PIN ini sangat aman. Alamat rumah sobat akan dirahasiakan oleh Google.
Verifikasi ini berarti mengesahkan alamat sobat, dengan tujuan agar pihak Google lebih mudah dalam mengirim surat verifikasi, kesesuaian cukup umur, penghasilan kepada sobat agar tidak salah tuju, dan hal-hal lainnya yang di anggap penting.
Satu hal yang pasti, verifikasi PIN ini sangat aman. Alamat rumah sobat akan dirahasiakan oleh Google.
36. SUSPEND (DITANGGUHKAN)
Suspend atau Ditangguhkan merupakan peringatan keras terhadap Publisher Google AdSense, -- siapa pun dia dan di mana pun dia.
Suspend berarti menghentikan berjalannya penghasilan sobat selama ini.
Dalam beberapa kasus, situs web atau saluran YouTube masih bisa menampilkan iklan; akan tetapi penghasilan tidak akan masuk ke rekening AdSense.
Kebanyakan permasalahan Suspend, memiliki kriteria atau ciri-ciri seperti unit iklan AdSense yang menghilang dan/atau tidak muncul; baik halnya di situs web maupun di video-video saluran YouTube.
Suspend berarti menghentikan berjalannya penghasilan sobat selama ini.
Dalam beberapa kasus, situs web atau saluran YouTube masih bisa menampilkan iklan; akan tetapi penghasilan tidak akan masuk ke rekening AdSense.
Kebanyakan permasalahan Suspend, memiliki kriteria atau ciri-ciri seperti unit iklan AdSense yang menghilang dan/atau tidak muncul; baik halnya di situs web maupun di video-video saluran YouTube.
37. BANNED (DIBLOKIR, DIHAPUS ATAU DINONAKTIFKAN SECARA PERMANEN)
Banned adalah tingkatan yang lebih tinggi dibandingkan Ditangguhkan (Suspend).
Ketika sebuah web blog, situs atau website dan/atau saluran YouTube di Banned, maka segala hak akses menuju situs Google AdSense akan di blokir dengan paksa.
Bagaimana pun caranya, sobat tetap tidak akan bisa masuk lagi ke situs AdSense.
Yang lebih menyakitkannya lagi, bisa-bisa akun Google+ yang berlaku sebagai Administrator situs web atau saluran YouTube tersebut di hapus secara permanen oleh Google.
Ketika sebuah web blog, situs atau website dan/atau saluran YouTube di Banned, maka segala hak akses menuju situs Google AdSense akan di blokir dengan paksa.
Bagaimana pun caranya, sobat tetap tidak akan bisa masuk lagi ke situs AdSense.
Yang lebih menyakitkannya lagi, bisa-bisa akun Google+ yang berlaku sebagai Administrator situs web atau saluran YouTube tersebut di hapus secara permanen oleh Google.
Yang sangat menyakitkannya lagi, ketika penghasilan sobat selama ini menjadi hangus, -- penghasilan dikembalikan ke Google dan pihak Advertiser sebagaimana mestinya.
38. PENGAJUAN BANDING
Pengajuan Banding merupakan satu-satunya langkah bagaimana cara sobat mengembalikan atau memulihkan akun AdSense yang ditangguhkan (Suspend).
Caranya bisa dilakukan dengan berbagai cara, tergantung status penangguhan apakah terjadi di situs web atau saluran YouTube.
Google melalui sistemnya akan mencoba menjelaskan secara detail bagaimana langkah-langkah memulihkan akun Google AdSense yang ditangguhkan.
Oh iya, yang saya tahu, Pengajuan Banding tidak berlaku untuk AdSense Account yang sudah di Banned. Sekali di Banned, berarti hangus dalam segala sisi dan/atau hal.
Caranya bisa dilakukan dengan berbagai cara, tergantung status penangguhan apakah terjadi di situs web atau saluran YouTube.
Google melalui sistemnya akan mencoba menjelaskan secara detail bagaimana langkah-langkah
Oh iya, yang saya tahu, Pengajuan Banding tidak berlaku untuk AdSense Account yang sudah di Banned. Sekali di Banned, berarti hangus dalam segala sisi dan/atau hal.
39. MCN
Pengertian MCN adalah Jaringan Multi-Channel, -- penyedia layanan pihak ketiga yang berafiliasi dengan beberapa channel Money Transfer Control Number guna menawarkan layanan.
Penawaran atas pelayanan yang dimaksud seperti pengembangan penonton, konten, kolaborasi kreator, pengelolaan terhadap hak digital, monetisasi, dan penjualan.
Namun, MCN seringkali di anggap sebagai alternatif Google AdSense.
Jika suatu waktu pengajuan dan/atau pendaftaran AdSense sobat tetap di tolak oleh Google, sobat bisa menggunakan MCN sebagai alternatif Adsense.
Meski pun MCN di bawah naungan YouTube, bukan berarti segala ketentuan dan kebijakan atas pendaftarannya dilakukan oleh YouTube sendiri.
MCN punya ketentuan dan kebijakan sendiri. Jadi, tidak heran ketika sobat mengajukan pendaftaran, segala halnya tampak lebih mudah.
Seperti yang kita ketahui selama ini, pengajuan periklanan di MCN memang lebih mudah dibandingkan Google AdSense. Oh iya! MCN mengikat secara hukum, jadi berhati-hatilah dan kalau bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan penasihat hukum sobat.
Penawaran atas pelayanan yang dimaksud seperti pengembangan penonton, konten, kolaborasi kreator, pengelolaan terhadap hak digital, monetisasi, dan penjualan.
Namun, MCN seringkali di anggap sebagai alternatif Google AdSense.
Jika suatu waktu pengajuan dan/atau pendaftaran AdSense sobat tetap di tolak oleh Google, sobat bisa menggunakan MCN sebagai alternatif Adsense.
Meski pun MCN di bawah naungan YouTube, bukan berarti segala ketentuan dan kebijakan atas pendaftarannya dilakukan oleh YouTube sendiri.
MCN punya ketentuan dan kebijakan sendiri. Jadi, tidak heran ketika sobat mengajukan pendaftaran, segala halnya tampak lebih mudah.
Seperti yang kita ketahui selama ini, pengajuan periklanan di MCN memang lebih mudah dibandingkan Google AdSense. Oh iya! MCN mengikat secara hukum, jadi berhati-hatilah
40. MTCN (MONEY TRANSFER CONTROL NUMBER)
MTCN atau Money Transfer Control Number adalah kode yang berisi 10 digit (angka/nomor) yang diberikan oleh pihak Western Union kepada si pengirim uang.
Kode ini bersifat sangat rahasia karena fungsinya membuka "Hak Akses" si penerima.
Oh iya... melalui MTCN ini pula, maka muncul-lah istilah Western Union Quick Cash (Nomor 41 di bawah).
Kode ini bersifat sangat rahasia karena fungsinya membuka "Hak Akses" si penerima.
Oh iya... melalui MTCN ini pula, maka muncul-lah istilah Western Union Quick Cash (Nomor 41 di bawah).
41. Western Union Quick Cash
Western Union Quick Cash adalah bentuk pembayaran yang memungkinkan sobat menerima pembayaran AdSense secara tunai dengan menggunakan layanan trasnfer uang melalui Wester Union di seluruh dunia.
Oh iya, status sobat disini adalah penerima; bukan pemberi. Untuk masalah ini, saya sarankan untuk membaca informasi lebih lengkapnya di Western Union Quick Cash
42. Payment in Progress (PIP)
Payment in Progress adalah pembayaran yang sedang berlangsung; yang telah ditentukan secara otomatis oleh sistem Google.
43. Payment Issue (PI)
Pengertian kata istilah dari Payment Issued adalah pembayaran yang telah diterbitkan.
Oh iya, baik Payment in Progress (PIP) maupun Paymen Issue akan muncul di Dashboard AdSense apabila sobat mencairkan pembayaran Google AdSense melalui Western Union (WU).
44. Pay Out (PO)
Secara umum, pengertian Pay Out pada program periklanan Google AdSense ialah waktu bayar ketika penghasilan sudah mencapai ambang batas pembayaran.
Kalau tidak salah, penggunaan kata (istilah) Pay Out (PO) ini merujuk ke salah satu metode bagaimana sobat dibayarkan; apakah dengan cara transfer bank atau melalui Western Union.
45. Bomb Click
Click adalah klik, sedangkan Bomb adalah bertubi-tubi. Praktisnya, Bomb Click adalah klik iklan AdSense yang dilakukan secara bertubi-tubi.
46. Copyright
YouTubers pemula biasanya akan sering menemukan dan/atau membaca kata Copyright pada Pengelola Video di Dashboard YouTube mereka.
Pengertian Copyright adalah lisensi atau hak cipta atas kekayaan intelektual milik orang lain; seperti halnya video, musik latar belakang, dan hal-hal lainnya.
Bahasa lain dari Copyright adalah Lisensi, Hak Cipta, Karya Cipta, Sertifikat, Hak Paten, dan Oktroi.
47. Pengelola Video
Pengelola Video merupakan salah satu pilihan pada navigasi menu yang ada di Dasbor YouTube.
Fungsi dan tugasnya ialah mengedit beberapa video yang telah sobat upload, menghapus, mengecek seberapa banyak komentar yang masuk, info, setelan, promosi, audio, layar akhir, anotasi dan masih banyak lagi.
48. Live Streaming
Live Streaming adalah salah satu akses terbaik di YouTube yang tidak bisa dimiliki dan digunakan oleh banyak orang.
Salah satu kriteria agar channel YouTube bisa mengakses Live Streaming ialah memiliki reputasi saluran YouTube yang baik dan telah melakukan verifikasi dengan nomor telepon.
49. Komunitas
Komunitas merupakan salah satu pilihan menu pada navigasi menu yang ada di Dasbor YouTube.
Pada menu Komunitas ini pula, sobat akan melihat berbagai pilihan seperti komentar yang dipublikasikan, ditinjau, dan atau komentar yang terdeteksi berkemungkinan spam; pesan, Subscribers, Credit, dan hal-hal lainnya.
50. Google Analytics
Google Analytics adalah salah satu tool gratis yang bisa sobat gunakan dan manfaatkan dalam mencari informasi terkait saluran YouTube sobat sendiri.
Perhitungannya sangat banyak, dimulai dari RPM, CTR, BPK, Pageviews, penonton dominan berasal dari negara mana, berapa lama video sobat di tonton, dan masih banyak lagi.
51. Status dan Fitur
Pada navigasi menu Dasbor YouTube, sobat akan melihat pilihan sub-menu Status dan Fitur pada menu utama yang berjudul "Channel."
Disini sobat akan diperlihatkan informasi mengenai saluran YouTube sobat sendiri.
Contohnya seperti reputasi saluran YouTube, Status Hak Cipta, Status Pedoman Komunitas; pengaktifan dan nonaktifkan beberapa fitur seperti upload, monetisasi, Live Streaming, video dengan durasi panjang, thumbnail kustom, anotasi eksternal, URL kustom, kelayakan Pengajuan Banding dan banyak lagi.
52. Default Upload
Yang dimaksud dengan Default Upload adalah mengatur dan menentukan segala pengaturan video ketika sebelum dan/atau sesudah di upload ke YouTube.
Singkatnya, sobat akan menyetel pengaturan video sesuai kehendak sobat.
Praktisnya pula, dengan adanya dukungan Default Upload, setidaknya menghemat sedikit waktu sobat dalam pengisian deskripsi, judul, pemasangan kategori, bahasa video, dan lain-lain.
53. YouTube Red
YouTube Red adalah layanan video berbayar yang dimiliki, dibuat dan/atau diterbitkan oleh YouTube sendiri.
Dengan berlangganan sebagai membership dari YouTube Red, para penonton bisa menikmati berbagai layanan ekstra-eksklusif yang ditawarkan oleh YouTube.
Biayanya cukup murah, kalau tidak salah $10 per bulannya. Jika dikonversikan ke Rupiah, nominalnya hanya Rp 136,000,00- saja.
54. Realtime
Pengertian Realtime adalah waktu nyata pada saat itu. Salah satu bukti atau contoh kasus yang bisa kita temukan saat ini adalah melalui halaman Google Analytics.
Agar lebih mudah, silakan buka Analytics milik sobat pribadi.
Silakan lihat berbagai informasi yang ditampilkan pada Analytics sobat, ketuk menu "Hari Ini" dan lihat grafik yang ditampilkan.
Nah itulah Realtime, -- waktu nyata. Sobat akan melihat berapa banyak orang yang mengunjungi situs web atau seberapa banyak penonton hari ini, apakah ada yang sedang menonton atau tidak, dan lain-lain.
55. Suka dan tidak suka / Like or Dislike (or Unlike)
Suka (Like) atau Dislike (Tidak Suka) adalah bagaimana reaksi penonton ketika melihat dan/atau menonton video yang ada di saluran YouTube.
Pada kenyataannya, Like atau Dislike (Unlike) akan mempengaruhi reputasi saluran YouTube.
Jika jumlah Dislike terlalu banyak dibandingkan jumlah Like, biasanya reputasi channel YouTube akan menurun. Jika sebaliknya, maka saluran YouTube tersebut sangat baik, berkualitas dan bernilai tinggi.
56. Anotasi
Di dalam materi blogging, bahasa lain dari kata Anotasi adalah Anchor Text, -- teks yang berisi URL. Apabila di klik, akan mengarah ke halaman lain.
Di dalam dunia situs web pula, kita mengenalnya dengan istilah Internal Link, Inbound Link, Eksternal Link, dan Outbound Link. Sedikit banyaknya, ke empat-empat jenis link tersebut memberikan efek SEO yang cukup mumpuni.
Pengertian Anotasi pada YouTube adalah Anchor Text yang disematkan dibeberapa bagian di dalam video. Umumnya, ditempatkan di detik-detik akhir video.
Tujuannya agar video lainnya (masih di saluran YouTube yang sama) mendapatkan jatah atau kebagian trafik dari penonton yang sama dan/atau penonton lainnya.
57. Card Verification Number (CVN)
Nomor verifikasi Karu (CVN) adalah tiga digit angka keamanan yang tercantum di belakang kartu kredit atau debit sobat.
Tugasnya cukup banyak, dan masih berkaitan dengan dunia Google AdWords. Jika sobat tertarik, silakan baca panduan CVN disini: No Verivikasi Kartu
58. Watermark (Tanda Air)
Watermark atau Tanda Air adalah Copyright. Bisa di pasang dan tidak.
Definisi praktisnya, Watermark adalah "Jejak", meninggalkan jejak bahwa itu adalah Video Content yang sobat miliki.
Selain itu, tujuan pemasangan Tanda Air adalah agar video sobat tidak di re-upload ulang oleh YouTubers lainnya, -- dalam artian mereka mencuri video sobat, lalu memonetisasinya ke YouTube.
Watermark bisa dilakukan dengan 2 cara yang berbeda; Tanda Air pada setelan di YouTube, atau Tanda Air hasil dari editing video.
Cara yang paling ampuh agar orang-orang tidak bisa leluasa melakukan re-upload video sobat ialah dengan cara memasang Tanda Air menggunakan editing video.
Pasang logo secukupnya, di tengah-tengah atau dimana saja, -- yang intinya membuat mereka kesulitan untuk menghapus Tanda Air tersebut.
Demi kelengkapan artikel sehingga layak, bernilai dan berkualitas tinggi serta edukatif bagi para pembaca, saya akan menjelaskan cara menambahkan tombol Subscribe khusus.
Tombol ini bentuknya berupa Tanda Air (Watermark). Namun, ketika di klik oleh penonton, status penonton tersebut akan berubah menjadi pelanggan (New Subscribers)
Watermark bisa dilakukan dengan 2 cara yang berbeda; Tanda Air pada setelan di YouTube, atau Tanda Air hasil dari editing video.
Cara yang paling ampuh agar orang-orang tidak bisa leluasa melakukan re-upload video sobat ialah dengan cara memasang Tanda Air menggunakan editing video.
Pasang logo secukupnya, di tengah-tengah atau dimana saja, -- yang intinya membuat mereka kesulitan untuk menghapus Tanda Air tersebut.
Cara Menambahkan Tombol Subscribe Khusus
Demi kelengkapan artikel sehingga layak, bernilai dan berkualitas tinggi serta edukatif bagi para pembaca, saya akan menjelaskan cara menambahkan tombol Subscribe khusus.
Tombol ini bentuknya berupa Tanda Air (Watermark). Namun, ketika di klik oleh penonton, status penonton tersebut akan berubah menjadi pelanggan (New Subscribers)
- Login to YouTube
- Ketuk Creator Studio, lalu klik Channel, selanjutnya klik Branding
- Ketuk menu Tambahkan Watermark
Pada tahap ini silakan ikuti petunjuk lanjutan yang telah diberitahukan oleh sistem. Oh iya, gunakan logo dengan format gambar .png, -- tembus pandang ke belakang.
Jika sobat bingung, silakan tonton video tutorialnya di bawah ini:
Itulah daftar kata-kata istilah di YouTube yang sering digunakan oleh YouTubers profesional, disertai beberapa tutorial gambar dan/atau video.
Mbah Daryono
Ahli Spiritual, ilmu HIKMAH Dan Master Penghusada Penerawang Jarak Jauh
HP/WA :
0857 4982 1603
Semoga berguna salam sukses.
Comments