Do Parents in the Grave Know About Their Living Children?

Do Parents in the Grave Know About Their Living Children? 

Illustration/People who have died can still feel or know news about people who are still alive. (Screenshot YouTube/Shofa Media)

- A person who has died will be in the barzakh realm, namely the realm between this world and the afterlife from the time he dies until he is resurrected. 

It is mentioned in the Koran and hadith that some people who die get pleasure and some get torture. 
Every believer must believe in this, but will people who have died still hear news about people who are still alive? 
For example, parents who have died, do they still know news about their living children? 

The grave realm is sometimes one of the gardens of the gardens of heaven and sometimes it is also one of the abysses of the abysses of hell. 
There are people who will feel pleasure and there are also those who will feel painful torment. Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam informed us that people who die can still hear people who visit them. 

Therefore it is stated in the hadith that it is sunnah for a Muslim to greet the dead. 

If someone comes and says hello, he responds to the greeting. 
They also visit each other in the Barzakh realm, which is the realm where they have been since they died until the Day of Judgment arrives. 

People who died not only visited their families but also felt happy for their families and felt sad for the sins they had committed. They will be happy in the grave when they know that their child did good. 

If they find out that their child has committed evil deeds, they will feel humiliated and sad. The dead know those who pray for them because their prayers reach them. 

Imam As-Suyuthi said that people who died were greeted by people who had died first from their families. 
They were happy with that, he saw what was happening around him and he also knew who was bathing him. 
Therefore, Allah Subhanahu Wa Ta'Ala ordered us when we visit graves to say hello to the occupants. ***


Apakah Orangtua di Alam Kubur Mengetahui Kabar Anaknya yang Masih Hidup?

Ilustrasi/Orang yang sudah meninggal dunia masih dapat merasakan atau mengetahui kabar orang yang masih hidup. (Tangkap layar YouTube/Shofa Media)

 - Orang yang telah mati akan berada di alam barzakh yaitu alam antara dunia dan akhirat dari sejak ia meninggal sampai dibangkitkan.

Disebutkan dalam Al Quran maupun hadits bahwasanya orang yang mati ada yang mendapatkan kenikmatan dan ada pula yang mendapatkan siksaan.

Hal ini wajib diimani oleh setiap orang beriman akan tetapi apakah orang yang sudah meninggal dunia masih akan mendengar kabar tentang orang-orang yang masih hidup?
Misalnya orang tua yang sudah meninggal apakah mereka masih mengetahui kabar tentang anak-anaknya yang masih hidup?

Alam kubur adakalanya merupakan salah satu taman dari taman-taman surga dan adakalanya pula merupakan salah satu jurang dari jurang-jurang neraka.

Ada orang yang akan merasakan kenikmatan dan ada pula yang merasakan siksaan yang pedih.
Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam mengabarkan kepada kita bahwa orang yang meninggal masih dapat merasakan mendengar orang yang mengunjunginya.

Oleh karenanya disebutkan dalam hadits bahwa disunnahkan bagi seorang muslim untuk mengucapkan salam kepada orang yang mati.

Jika ada orang yang datang dan mengucapkan salam ia pun menjawab salamnya. Mereka juga saling berkunjung di alam barzakh yaitu alam tempat mereka berada sejak mereka meninggal dunia sampai datangnya hari kiamat.

Orang-orang yang mati tidak hanya atau ziarah keluarganya saja tapi juga merasa senang kepada keluarganya dan merasa sedih atas dosa yang dilakukan oleh mereka.

Mereka akan senang di alam kubur ketika mereka tahu bahwa anaknya melakukan kebaikan. Jika mereka tahu bahwa anaknya melakukan perbuatan jahat, ia pun akan merasa hina dan sedih.

Orang yang mati tahu orang yang mendoakannya karena doa yang mereka panjatkan sampai kepada mereka. Imam As-Suyuthi menyebutkan bahwa orang yang meninggal disambut oleh orang-orang yang telah meninggal terlebih dahulu dari keluarga mereka.

Mereka senang dengan hal itu, iapun melihat apa yang terjadi di sekelilingnya ia juga tahu siapa yang memandikannya. Maka dari itu Allah Subhanahu Wa Ta'Ala mensyariatkan kepada kita apabila kita mengunjungi kuburan agar mengucapkan salam kepada para penghuninya.***

Post a Comment

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Previous Next

نموذج الاتصال