Aliran Islam Popular Didunia

Aliran Islam Popular Didunia


Beberapa aliran Islam populer yang dikenal di dunia adalah sebagai berikut:

  1. Sunni: Sunni adalah aliran Islam yang paling banyak dianut di dunia. Pengikut aliran Sunni mengikuti ajaran-ajaran Nabi Muhammad SAW dan menekankan pentingnya menjaga tradisi dan sunnah Rasulullah. Mayoritas muslim di negara-negara seperti Indonesia, Turki, Arab Saudi, Mesir, dan Maroko menganut aliran Sunni.

  2. Syiah: Syiah adalah aliran Islam yang memiliki keyakinan bahwa kepemimpinan umat Islam harus diturunkan secara keturunan dari Nabi Muhammad SAW melalui Imam-imam yang dipilih. Aliran ini memiliki pandangan teologis dan sejarah yang berbeda dengan Sunni. Iran adalah negara dengan mayoritas penduduk Syiah terbesar di dunia, dan Syiah juga dianut oleh sebagian besar penduduk di Irak dan Bahrain.

  3. Sufisme: Sufisme adalah aliran dalam Islam yang menekankan pada dimensi mistik dan spiritual dalam agama. Penganut sufi berusaha mencapai pengalaman langsung dengan Tuhan melalui meditasi, zikir, dan praktik-praktik kontemplatif lainnya. Sufisme memiliki pengikut di berbagai negara Islam, termasuk Mesir, Turki, Pakistan, dan India.

  4. Wahhabi: Wahhabi adalah aliran yang berasal dari Arab Saudi dan didirikan oleh Muhammad ibn Abd al-Wahhab pada abad ke-18. Aliran ini menekankan pemurnian ajaran Islam dari pengaruh-pengaruh "bid'ah" (inovasi agama) dan menekankan pada pengembalian kepada ajaran asli Islam yang diterima dari generasi pertama umat Islam. Aliran Wahhabi sangat berpengaruh di Arab Saudi dan menjadi dasar ideologi Kerajaan Saudi modern.

  5. Ahmadiyah: Ahmadiyah adalah gerakan Islam yang didirikan oleh Mirza Ghulam Ahmad di India pada akhir abad ke-19. Gerakan ini mengklaim bahwa Mirza Ghulam Ahmad adalah Imam Mahdi yang dijanjikan dalam ajaran Islam. Penganut Ahmadiyah menghadapi kontroversi dan penindasan di beberapa negara Muslim karena dianggap menyimpang dari keyakinan utama Islam.

  6. Ibadi: Ibadi adalah aliran Islam yang terutama dianut oleh sekte Ibadiah di Oman, tetapi juga ada pengikutnya di negara-negara


READ MORE

Post a Comment

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Previous Next

نموذج الاتصال