TIGA (3) ORANG YANG SHOLAT-NYA TIDAK DITERIMA !

TIGA (3) ORANG YANG SHOLAT-NYA TIDAK DITERIMA !



Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

▪️ ثلاثةٌ لا يقبَلُ اللهُ لهم صلاةً : إمامُ قومٍ وهم له كارِهونَ وامرأةٌ باتَتْ وزوجُها عليها غَضبانُ وأخوانِ مُتصارِمانِ

"Tiga (3) orang yang shalatnya tidak Allah terima, Imam suatu kaum, dan mereka (kaum itu) membencinya. Seorang perempuan yang tidur, dan suaminya dalam keadaan marah padanya, serta dua orang bersaudara yang saling bermusuhan"

(HR. Ibnu Hibban, No. 1757 dari Abdullah bin Abbas radhiyallahu 'anhuma)
--------------------------------------------------------------------

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam telah bersabda:

ثَلَاثَةٌ لَا تَرْتَفِعُ صَلَاتُهُمْ فَوْقَ رُءُوسِهِمْ شِبْرًا رَجُلٌ أَمَّ قَوْمًا وَهُمْ لَهُ كَارِهُونَ وَامْرَأَةٌ بَاتَتْ وَزَوْجُهَا عَلَيْهَا سَاخِطٌ وَأَخَوَانِ مُتَصَارِمَانِ‪
“Ada tiga (3) kelompok yang shalatnya tidak terangkat walau hanya sejengkal di atas kepalanya (tidak diterima oleh Allah).

•Orang yang mengimami sebuah kaum tetapi kaum itu membencinya.
•Istri yang tidur sementara suaminya sedang marah kepadanya.
•Dua saudara yang saling mendiamkan (memutuskan hubungan).

(HR. Ibnu Majah I/311 No. 971 dari Abdullah bin Abbas radhiyallahu 'anhuma dan dihasankan oleh Syaikh Al-Albani rahimahullah dalam Misykat Al-Mashobiih, No. 1128)
--------------------------------------------------------------------

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga telah bersabda:

ثَلاَثَةٌ لاَ تُجَاوِزُ صَلاَتُهُمْ آذَانَهُمْ: الْعَبْدُ الْآبِقُ حَتىَّ يَرْجِعَ وَامْرَأَةٌ بَاتَتْ وَزَوْجُهَا عَلَيْهَا سَاخِطٌ، وَإِمَامُ قَوْمٍ وَهُمْ لَهُ كَارِهُوْنَ

“Ada tiga (3) golongan yang shalat mereka tidak melewati telinga-telinga mereka, yaitu budak yang melarikan diri dari tuannya sampai ia kembali kepada tuannya, istri yang melewati malam hari sementara suaminya marah kepadanya, dan seseorang yang mengimami suatu kaum sementara mereka tidak suka kepadanya.”

(HR. At-Tirmidzi No. 360 dari Abu Umamah radhiyallahu 'anhu dan dihasankan oleh Syaikh Al-Albani rahimahullah dalam Shahih Sunan At-Tirmidzi, Al-Misykat No. 1122, Shahihul Jami’ No. 3057)
---------------------------------------------------------------------

Semoga Bermanfaat !

Post a Comment

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Previous Next

نموذج الاتصال