TRAILER TULISAN BUMI BULAT VS DATAR

TRAILER TULISAN BUMI BULAT VS DATAR




Oleh : Ahmad Syahrin Thoriq



Saya akan membahas berbagai pendapat para ulama tentang bumi bulat vs datar menjadi tiga judul bahasan : (1) Pendapat bumi datar beserta dalilnya (2) Pendapat bumi bulat beserta dalilnya (3) Bantahan atas pendalilan bumi datar dan adanya klaim ijma'.


Di tulisan ini saya hanya mengcopy paste pendapat masing-masing. Jika kemudian ada yang berupa pendapat pribadi, akan saya berikan awalan qultu (aku mengatakan), yang tujuannya untuk : pertama, memperjelas maksud dari perkataan ulama yang saya cantumkan.

Dan yang kedua, ajakan untuk mengambil hikmah kebaikan dari permasalahan yang sedang dibahas dalam tulisan.


Saya tidak akan menyertakan pendapat entah dari mana sumbernya yang berseliweran di youtube dan jagad sosmed. Selain karena itu bukan ranah saya, juga karena tulisan ini hanya dikhususkan mengangkat pendapat ulama dalam kitab mereka.

Sehingga tulisan ini nanti tidak hendak mengatakan yang benar itu bumi bulat atau yang datar. Tapi tujuan tulisan ini adalah : Agar dalil agama dan pendapat para ulama klasik, tidak ditarik-tarik semaunya oleh pendukung pendapat yang ada sesuai selera hawa nafsunya.

Ingat dalil yang shahih, itu sudah pasti benar dan tak mungkin bertentangan dengan fakta kebenaran. Tapi pemahaman seseorang atas dalil, sangat mungkin untuk mengalami kesalahan.


Maka bagi yang ingin menanggapi saya sarankan untuk mempertimbangkan tulisan saya yang berseri tersebut. Dalam artian jangan menyanggah yang belum saya postingkan, atau membantah postingan terbaru dengan tidak membaca postingan sebelumnya. Singkatnya :


 Budayakan baca sampai selesai !

Dan selanjutnya, gunakanlah rujukan pendapat dari para ulama. Jangan kepedean menyusup ke majelis diskusi keilmuan para ulama sedangkan kita bukanlah siapa-siapa. Setingkat bahasa Arab saja masih megap-megap masa iya mau bergaya menguliti ulama. Singkatnya : Budayakan tahu diri !

Selamat menantikan... 

Post a Comment

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Previous Next

نموذج الاتصال