BU𝗠𝗜 𝗕𝗨𝗟𝗔𝗧 𝗩𝗦 𝗗𝗔𝗧𝗔𝗥 𝗯𝗮𝗴𝗶𝗮𝗻 𝗜
Oleh : Ahmad Syahrin Thoriq
Perdebatan tentang teori bumi bulat dan datar sudah berlangsung sekian lama. Di dunia Islam para ulama dan ilmuwan telah berdebat dengan sangat hangat sejak abad ke delapan hingga puncaknya di abad ke 11 masehi.
Setelah itu, cenderung dingin karena para ulama yang didukung oleh para ilmuwan muslim seperti al Biruni kala itu mayoritasnya menguatkan pendapat bumi bulat.
Sedangkan dunia Barat jauh tertinggal, di abad ke 15 pihak gereja masih keukeuh dengan dogma agamanya bahwa bumi itu datar, siapapun yang mengikuti pendapat bahwa bumi ini bentuknya bulat akan divonis sesat. Bahkan tidak sedikit tokoh-tokoh pengusungnya dijatuhi hukuman mati.
Dunia barat baru mulai mengakui teori bumi ini bulat atau tepatnya bundar setelah masuk abad ke 16 Masehi. Dimana Nicoulas Copernicus yang dikatakan sebagai yang mencetuskannya. Bukan Barat kalau tidak suka mengklaim, mereka lalu menyatakan bahwa Copernicus-lah ilmuwan pertama yang menggulirkan teori bumi bulat. Padahal ilmuwan muslim 5 abad sebelumnya sudah tegas menyatakannya.
Setelah teori bumi bulat meluas dan didukung oleh perkembangan ilmu pengetahuan, kalangan pendukung bumi datar bisa dikatakan mati suri belasan abad, kalau toh hidup terbatas dikalangan tertentu seperti kalangan pengikut gereja Katolik.
Namun akhir-akhir ini pengusung teori ini kembali bangkit dan menguat. Mengundang perdebatan lama dengan gaya baru. Hanya anehnya perdebatan bukan hanya dengan bahasa sains, tapi juga dengan klaim pendapat ulama Islam dan juga dalil-dalil agama. Padahal, dalil yang digunakan bisa dikatakan telah selesai di masa lalu. Hari ini hendak didaur ulang kembali.
Hanya saja, jika dahulu para ulama itu bila membahas sesuatu dengan kejujuran ilmiah dan niat yang baik. Adapun hari ini, kecurangan, tipu muslihat dan niat yang rendah yang banyak mewarnai, termasuk dalam masalah pembahasan : Bumi bulat atau datar.
Sebagian pihak karena hendak menguatkan pendapatnya, dia mencomot dalil lalu memelintir sedemikian rupa maknanya. Padahal jika ia mau jujur, tidak perlu bersusah payah, cukup ia menukil pendapat ulama yang menjelaskannya dalam kitab syarah atau tafsir. Sehingga masalahnya ketika semakin dibahas bukan menjadi kian jernih, justru malah bertambah keruh.
Karena hawa nafsu, kepentingan, kebodohan dan bahkan kekurangajaran turut mencemari dunia keilmuan yang seharusnya dijaga keagungannya.
Maka lewat tulisan sederhana ini, saya hendak mengangkat masalah ini hanya dari sisi pendapat ulama saja. Saya akan nukilkan pendapat dan perdebatan di kalangan ahli ilmu beabad-abad yang lalu. Sehingga tidak salah jika ada yang mengatakan bahwa tulisan saya ini termasuk bahasan yang sudah basi. Bahkan sangat basi.
Tapi saya selalu yakin, sebasi-basinya peninggalan ulama Islam di masa lalu, masih sangat layak konsumsi di zaman seperti ini, di mana banyak orang kadang sudah tidak peduli lagi halal haram.
Selamat menikmati
𝟭. 𝗣𝗲𝗻𝗱𝗮𝗽𝗮𝘁 𝗯𝘂𝗺𝗶 𝗱𝗮𝘁𝗮𝗿
Sejak awal, teori tentang bumi datar telah diyakini oleh banyak bangsa di seluruh dunia, termasuk peradaban Mesir kuno, Babilonia, China kuno hingga beberapa waktu lamanya. Demikian juga pemahaman agama yang ada, bahkan sebagian menetapkan sebagai bagian dari ajaran agama itu sendiri.
Dan ketika masa keilmuan Islam, pendapat ini masih dipegang oleh banyak orang termasuk diantaranya ulama-ulama terkemuka, diantara pendukung pendapat bahwa bumi ini bentuknya datar adalah :
Imam Thabari rahimahullah, beliau ketika menjelaskan surah al Hijr ayat ke 19 berkata :
وهو يرد على من زعم أنها كالكرة
“Dan ini menjadi dalil yang membantah pernyataan bahwa bentuk bumi itu seperti bola.”[1]
Al Qathani al Andulisy, beliau menyatakan :
والأرض عند أولي النهى لسطيحة بدليل صدق واضح القرآن
“Bumi menurut para ahli agama adalah datar, dengan dalil yang nyata dari al Quran.”[2]
Imam Mahali dan Suyuthi rahimahumallah berkata :
أن الأرض سطح وعليه علماء الشرع لا كرة كما قاله أهل الهيئة
“Bahwa bumi itu datar dan ini dijelaskan oleh ulama, bukan bulat sebagaimana dikatakan oleh ahli astronom.”[3]
Ats-Tsa’alibi (W. 875 H) juga berkata: “Secara eksplisit, ayat menunjukkan bahwa bumi itu datar bukan bulat, tapi meyakini salah satunya (datar atau bulat) tidak serta-merta menodai syariat, terkecuali jika keyakinan terhadap bumi bulat itu menimbulkan pandangan yang sesat.
Sedangkan meyakini bentuk bumi datar merupakan makna eksplist dari al-Qur’an, dan keyakinan ini tentu saja tidak menimbulkan kesesatan.”[4]
Pendapat yang sama juga dinyatakan oleh Abdul Qahir al Baghdadi (wafat: 429 H), al Khazin (wafat: 725 H), asy Syaukani (wafat: 1250 H), Abu ath-Thayyib al-Qinnauji (wafat: 1306 H) dan lainnya.
𝗗𝗮𝗹𝗶𝗹-𝗱𝗮𝗹𝗶𝗹𝗻𝘆𝗮
𝗔. 𝗔𝗹 𝗤𝘂𝗿’𝗮𝗻
Adz-Dzariyat 48 :
وَالْاَرْضَ فَرَشْنٰهَا فَنِعْمَ الْمٰهِدُوْنَ
“Dan bumi itu Kami hamparkan (farasynaha), maka sebaik-baik yang menghamparkan (adalah Kami).”
Al-Baqarah 22 :
الَّذِيْ جَعَلَ لَكُمُ الْاَرْضَ فِرَاشًا
“Yang menjadikan untukmu bumi sebagai hamparan (firasya)…”
Al Hijr 19 :
وَالْاَرْضَ مَدَدْنٰهَا وَاَلْقَيْنَا فِيْهَا رَوَاسِيَ وَاَنْۢبَتْنَا فِيْهَا مِنْ كُلِّ شَيْءٍ مَّوْزُوْنٍ
“Dan Kami telah menghamparkan bumi (madadnaha) dan menjadikan padanya gunung-gunung dan Kami tumbuhkan padanya segala sesuatu menurut ukuran."
Ar-Ra’du 3 :
وَهُوَ الَّذِيْ مَدَّ الْاَرْضَ وَجَعَلَ فِيْهَا رَوَاسِيَ وَاَنْهٰرًا
“Dan Dia yang menghamparkan bumi dan menjadikan gunung-gunung dan sungai-sungai di atasnya."
Qaf 7 :
وَالْاَرْضَ مَدَدْنٰهَا وَاَلْقَيْنَا فِيْهَا رَوَاسِيَ
“Dan bumi yang Kami hamparkan dan Kami pancangkan di atasnya gunung-gunung yang kokoh.”
Nuh 19 :
وَاللّٰهُ جَعَلَ لَـكُمُ الۡاَرۡضَ بِسَاطًا
“Dan Allah menjadikan bumi untukmu sebagai hamparan (bisatho)."
An Naba 6 :
أَلَمْ نَجْعَلِ ٱلْأَرْضَ مِهَٰدًا
“Bukankah Kami telah menjadikan bumi itu sebagai hamparan? (mihada).”
An Naziyat 30 :
وَالْاَرْضَ بَعْدَ ذٰلِكَ دَحٰىهَاۗ
“Dan bumi sesudah itu dihamparkan-Nya (dahaha).”
Al Ghaziyah 20 :
وَإِلَى ٱلْأَرْضِ كَيْفَ سُطِحَتْ
“ Dan bumi bagaimana ia dihamparkan? (suthihat)."
Asy Syam 6 :
وَالْاَرْضِ وَمَا طَحٰىهَاۖ
“Dan bumi serta penghamparannya (thahaha)."
𝐁. 𝐃𝐚𝐥𝐢𝐥 𝐀𝐪𝐥𝐢
1. Arah kiblat
Dalil berikutnya adalah karena bumi ini datar, maka kita bisa menghadap ke kiblat. Jika bumi itu bulat, maka shalat menghadap ke mana ?
2. Kisah Dzulqarnain mencari tempat terbenamnya matahari
Dalil lainnya adalah kisah Raja Dzulqarnain untuk menunjukkan bahwa bumi itu datar. Pada kisah tersebut Dzulqarnain menempuh perjalanan yang jauh untuk mencari tempat terbenamnya matahari dan juga tempat terbitnya. Dalam al Qur’an disebutkan :
حَتَّى إِذَا بَلَغَ مَغْرِبَ الشَّمْسِ وَجَدَهَا تَغْرُبُ فِي عَيْنٍ حَمِئَةٍ وَوَجَدَ عِندَهَا قَوْمًا
“Hingga apabila dia (Dzulqarnain) telah sampai ke tempat terbenam matahari, dia melihat matahari terbenam di dalam laut yang berlumpur hitam, dan dia mendapati di situ segolongan umat.” (QS. Al Kahfi: 86).
3. Adanya pojok Bumi
Ayat al Qur’an ada yang menyebutkan tentang tepi bumi. Ini menunjukkan bahwa itu datar, karena kalau bulat, maka bumi tidak mempunyai tepi atau pojok, yaitu :
أَوَلَمْ يَرَوْاْ أَنَّا نَأْتِي الأَرْضَ نَنقُصُهَا مِنْ أَطْرَافِهَا
“Dan apakah mereka tidak melihat bahwa sesungguhnya Kami mendatangi bumi, lalu Kami kurangi daerah-daerah itu (sedikit demi sedikit) dari tepi-tepinya?” (QS. Ar Ra’d: 41).
4. Ka’bah sejajar dengan Baitul Makmur
Ketika menafsirkan surah ath Thur ayat 4, 5 dan 6 para ulama mengatakan :
والبيت المعمور ، بكثرة الغاشية والأهل، وهو بيت في السماء حذاء العرش بحيال الكعبة
“Baitul Makmur: banyaknya yang memenuhi dan penduduknya, yaitu rumah di langit sekitar ‘Arsy dan sejajar dengan Ka’bah bumi.”[5]
Dan kesejajaran itu hanya bisa terjadi jika bentuk bumi ini datar, bukan bulat atau bundar.
5. Langit dan bumi tujuh lapis
Sebagaimana langit ada tujuh, bumi pun tujuh lapis demikian yang dinyatakan dalam surah ath Thalaq ayat 12
اللَّهُ الَّذِي خَلَقَ سَبْعَ سَمَاوَاتٍ وَمِنَ الْأَرْضِ مِثْلَهُنَّ
“Allahlah yang menciptakan tujuh langit, dan seperti itu pula bumi.”
Ketika langit itu ada tujuh lapis, dan semua lapisan langit itu berlapis-lapis ke arah atas, maka bumi yang juga memiliki lapisan-lapisan itu berada di bawah lapisan bumi yang kita tinggali ini.
Bersambung ke bagian dua (Pendukung bumi bulat dan dalil-dalilnya)
_______
[1] Tafsir al Qurthubi (10/13)
[2] Nuniyyah Al-Qahthani hal. 32
[3] Tafsir Jalalain hal. 805
[4] Al Jawahir al Hisan fi Tafsir al Qur’an (5/49)
[5] Tafsir al Baghawi (7/382)
Comments